Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
Honda Accord |
|
RS e:HEV | IDR 957.500.000 |
Honda BR-V N7X |
|
S MT | IDR 323.900.000 |
E MT | IDR 338.700.000 |
E CVT | IDR 348.300.000 |
E CVT N7X | IDR 351.400.000 |
PRESTIGE N7X | IDR 376.300.000 |
HS PRESTIGE N7X | IDR 396.700.000 |
Honda Brio |
|
S MT | IDR 188.000.000 |
E MT | IDR 200.400.000 |
E CVT | IDR 216.300.000 |
RS MT | IDR 260.900.000 |
RS CVT | IDR 271.100.000 |
RS MT TWO TONE | IDR 263.400.000 |
RS CVT TWO TONE | IDR 273.600.000 |
Honda City Hatchback |
|
RS MT | IDR 370.200.000 |
RS CVT | IDR 380.500.000 |
RS HS CVT | IDR 400.500.000 |
Honda Civic RS |
|
1.5L TURBO | IDR 638.400.000 |
Honda Civic Type R |
|
2.0 TC MT | IDR 1.464.400.000 |
Honda CR-V |
|
1.5 TURBO CVT | IDR 752.900.000 |
RS e:HEV | IDR 818.500.000 |
Honda HR-V |
|
1.5L S CVT | IDR 403.500.000 |
1.5L E CVT | IDR 424.300.000 |
1.5L E CVT TWO TONE | IDR 426.800.000 |
1.5L SE CVT | IDR 445.300.000 |
1.5L SE CVT TWO TONE | IDR 447.800.000 |
1.5L RS CVT | IDR 563.600.000 |
1.5L RS CVT TWO TONE | IDR 566.100.000 |
Honda WR-V |
|
E MT | IDR 290.500.000 |
E CVT | IDR 300.800.000 |
RS CVT | IDR 320.800.000 |
RS CVT TWO TONE | IDR 323.300.000 |
RS HS CVT | IDR 341.100.000 |
RS CVT HS TWO TONE | IDR 343.600.000 |
New Honda City |
|
1.5 E CVT | IDR 407.300.000 |